≡ Menu

10 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Gangguan kesuburan dapat diakibatkan karena perempuan atau laki laki dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan.

Seperti yang dikutip dari mayo clinic,10-15% pasangan yang memiliki ketidaksuburan di Amerika Serikat diakibatkan karena alasan kesehatan yang terjadi pada wanita atau laki laki.

Penyebab umumnya sulit hamil perempuan disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi.

Tanda umum pada perempuan sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur masalah ovulasi.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab perempuan sulit hamil karena masalah ovulasi :

1.  Menoupause Dini

Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun.

Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti.

Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut.

2.  Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan.

Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

3.  Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita.

Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.

4.  Endometriosis

Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma.

Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

5.  Ovarium jaringan parut

Kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat disebabkan pembedahan akibat terjadinya kista ovararium.

Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.

6.  Adhesi Pelvis

Jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita.

Sehingga seringkali mengakibatkan gangguan pada kesuburan wanita akibat perjalanan melalui saluran yang terhambat.

7.  Masalah Tiroid

Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

8.  Pengobatan Kanker

Ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu.

Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita disebabkan karena efek samping dari radiasi. Meskipun demikian kondisi ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terpapar sinar.

9.  Gaya Hidup

Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat.

Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu.

10.  Usia

Terakhir, usia akan mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki usia lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan di usia ini akan beresiko keguguran yang lebih tinggi.

Berikut 4 Tips Cara Cepat Hamil Setelah Haid yang Sebainya Anda Coba

Tips #1 : Hindari STRES

Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang telah bersusah payah untuk bisa hamil namun hingga kini tak kunjung jua bisa hamil.

Segala upaya telah diakukan, sudah sering konsultasi ke dokter juga – eh boro-boro bisa punya momongan, tanda-tanda kehamilan saja tak pernah datang.

Nah, kondisi seperti inilah yang kerap kali membuat serang ibu yang menginginkan seorang buah hati mengalami stres.

Jika hal ini terjadi pada anda, maka disarankan anda untuk menghindarkan diri anda dari stres ini dan mulailah untuk tetap optimis dan selalu berfikir positif.

Karena jika anda membiarkan diri anda hanyut dalam stres ini, maka dampaknya akan sangat buruk bagi anda, yaitu dapat membuat anda tidak akan pernah bisa hamil.

Kenapa?

Karena menurut seorang dokter spesialis kandungan dr. Rosdiana Ramli, SpOG ketika ditanya pendapatnya seputar tips cara cepat hamil setelah haid beliau menyatakan bahwa, “jika ingin cepat hamil, maka hindari stres, karena stres akan membuat sel telur tidak mampu berovulasi dan juga sperma tidak akan cukup mampu untuk membuahi sel telur”.

Merujuk pada apa yang dinyatakan oleh dokter di atas, maka kiranya sudah cukup jelas, bahwa agar anda bisa segera hamil setelah haid anda selesai, maka hal paling pertama yang perlu anda lakukan adalah hindari stres.

Tips #2 : Berhubunganlah secara teratur

Waktu dalam berhubungan seksual juga menentukan bisa tidaknya seorang wanita hamil.

Idelanya, agar bisa hamil, maka pasangan suami istri haruslah berhubungan tepat pada saat terjadinya ovulasi, karena pada saat ovulasi inilah sel telur dilepaskan dari ovarium menuju saluran indung telur atau tuba fallopi untuk dibuahi oleh sperma.

Namun, mengetahui kapan tepatnya ovulasi ini terjadi boleh dikatakan cukup sulit.

Pasalnya, anda paling tidak harus menghitung masa subur anda dan ini kadang justru merepotkan bagi kebanyakan wanita.

Nah, mengingat pentingnya peranan cara berhubungan ini dalam menentukan kehamilan seseroang sementara disisi lain menentukan masa subur juga terbilang rumit, maka para dokter spesialis kandungan seperti yang saya kutip di artikel ini2 menyarankan sebuah tips cara cepat hamil setelah haid yang juga sangat efektif untuk bisa membuat seorang wanita hamil meskipun tanpa mengetahui kapan masa suburnya.

Cara efektif dalam berhubungan seksual yang dianjurkan oleh para dokter spesialis kandungan tersebut adalah melakukan hubungan seksual secara  teratur 2 – 3x dalam seminggu.

Dengan melakukan hubugan seksual dengan cara di atas, maka anda tidak perlu lagi pusing pusing memikirkan kapan saat yang tepat untuk melakukan hubungan seksaul, karena pasalnya, sperma dapat hidup selama 3 – 5 hari dalam tuba fallopi.

Sehingga meskipun belum terjadi ovulasi saat anda berhubungan, namun sperma akan menunggu kedatangan sel telur di tuba fallopi tersebut.

Sehingga saat terjadi ovulasi, maka sel telur tidak perlu menuggu lagi sperma untuk membentuk pembuahan karena seprma telah ada di tuba fallopi tersebut sejak awal.

Nah, inilah tips cara cepat hamil setelah haid kedua yang perlu anda perhatikan.

Tips #3 : Konsumsi cukup asam folat

Tugas adna berikutnya agar bisa cepat hamil setelah haid adalah mengkonsumsi asam folat dalam julah yang cukup.

Kenapa harus asam folat? Dan apa manfaat dari asam folat ini dalam membantu seorang wanita untuk hamil?

Singkatnya, bahwa asam folat ini berguna bukan hanya pada saat anda ingin hamil, namun juga sangat besar manfaatnya pada saat anda telah hamil, karena dapat mencegah janin dari menderita penyakit Sindrom Down (yaitu sebuah penyakit kelainan genetik).

Sementara untuk wanita yang ingin hamil, asam folat ini berfungsi khsus terutama untuk memperkuat sel telur agar dapat berovulasi dengan baik dan juga memperkuat sperma agar dapat membuahi sel tleur dengan baik pula.

Nah, itulah gambaran betapa pentingnya mengkonsumsi asam folat ini yang merupakan tips cara cepat hamil setelah haid yang juga sangat penting untuk anda berikan perhatian penuh jika anda sungguh-sungguh ingin cepat hamil setelah haid.

Tips #4 : Hindari faktor-faktor penghambat kehamilan

Setelah semua usaha anda anda di atas mulai dari tips 1 hingga dengan tips 3, maka anda hal terkahiry ang perlu andal lakukan.

Apa itu?

Anda perlu dan kalau boleh dikata HARUS menghindari faktor-faktor yang dapat menghambat anda dari kehamilan.

Faktor-faktor yang dapa menghambat anda dari kehamilan yang harus anda hindari adalah: mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi minuman keras, mengkonsumsi kafein seperti kopi secara berlebihan (efektinya sebaiknya tunda dulu mengkonsumsi kopi sampai anda bisa hamil), mengkonsumsi minuman bersoda seperti sprite, coca cola, big cola, fanta dan sejenisnya dengan sering, begadang, olahraga terlalu berat dan merokok.

Itulah faktor-faktor yang dapat menghambat anda dari kehamilan – Hindari hal-hal tersebut jika anda benar-benar ingin hamil dan memiliki seorang buah hati.

 

Share Button
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Loading...
You might also likeclose